Sapi

Sapi
Selamat Datang di blog anak Peternakan...

Rabu, 24 Juni 2015

FAKTA MENARIK DI BALIK SUSU SAPI

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ”susu”, dari anak-anak sampai dewasa pasti pernah merasakan susu sapi. Semua kalangan meyukai minuman yang memiliki rasa gurih ini. Susu merupakan jenis minuman terbaik karena mengandung nutrisi lengkap yang penting untuk pertumbuhan. Tak heran jika banyak orang menyukai cairan yang berwarna putih ini, tetapi di sisi lain ada juga orang menghindar untuk minum susu dengan alasan takut gemuk, untuk kalian yang termasuk orang yang tidak suka minum susu dengan alasan takut gemuk wajib membaca artikel ini. Di sini saya akan membahas beberapa fakta menarik mengenai susu sapi.

Fakta pertama adalah proses terbentuknya susu sudah dijelaskan dalam Al- Qur’an. Susu adalah salah satu minuman yang disebutkan dalam Al-Qur’an, sebagaimana tertulis di dalam QS. An-Nahl: 66 yang artinya “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” Selain disebutkan dalam Al- Quran, Rasulullah juga menganjurkan kita untuk meminum susu, sebagaimana ditegaskan dalam sebuah hadis yang artinya, “Hendaknya kalian meminum susu sapi, karena itu hasil dari apa yang disarikan oleh pepohonan.” (HR. Ahmad). Dari uraian tersebut terbukti bahwa susu merupakan minuman yang istimewa.
Fakta kedua adalah susu berwarna putih. Kita semua pasti sudah tahu jika susu murni sejak dulu berwarna putih, kecuali susu yang sudah diberi rasa dan pewarna seperti rasa stroberi yang berwarna merah maupun rasa cokelat yag berwarna cokelat. Tapi pernahkan terbesit pertanyaan di pikiran kita kenapa susu berwarna putih? Inilah jawabannya, susu mengandung 5% laktosa, 3,7% lemak dan 3,5% protein. Kasein yang kaya kalsium merupakan protein paling banyak yang terdapat pada susu sapi. Dikutip dari Livescience, warna putih susu berasal dari panjang gelombang cahaya yang dipantulkan ke mata. Kasein dan lemak tertentu memantulkan beraneka ragam panjang gelombang yang menyebabkan susu terlihat berwarna putih. Kembali ke pelajaran fisika, jika sebuah lingkaran dengan berbagai komposisi warna kita putar dengan kecepatan tertentu yang muncul hanyalah warna putih, warna-warna lain seperti merah, kuning dan biru tidak muncul. Mata kita seolah-olah tertipu oleh spektrum cahaya tadi. Pada susu protein kasein berfungsi membelokkan seluruh warna yang terkandung di dalam susu secara merata, sehingga secara kasat mata susu terlihat berwarna putih, itulah alasan mengapa susu berwarna putih.
Fakta ketiga adalah lemak susu ternyata tidak membuat gemuk. Mengapa  hal ini bisa terjadi? Inilah jawabannya, di dalam susu terkandung asam lemak tekonjugasi dan fosfolipid yang mampu mengontrol lemak dan perkembangan berat badan. Lemak susu juga mengandung asam lemak esensial, asam linoleat dan linolenat yang memiliki bermacam-macam fungsi dalam metabolisme dan mengontrol berbagai proses fisiologis dan biokimia pada manusia. Maka dari itu untuk kalian yang takut gemuk jangan khawatir minum susu, karena susu tidak membuat gemuk, namun jika kalian masih takut pilihlah susu rendah lemak atau yang biasa disebut dengan low fat sehingga kita bisa mendapat manfaat susu tanpa takut gemuk.
Fakta keempat adalah kolostrum susu sapi memiliki kandungan gizi 4 kali lebih besar daripada susu biasa. Kolostrum adalah susu pertama yang keluar dari ambing induk sapi setelah melahirkan. Fakta menunjukkan bahwa kolostrum sapi mengandung immune factor 40 kali lebih banyak dibanding kolostrum manusia.
Fakta kelima adalah susu merupakan minuman yang memiliki gizi sempurna sehingga memiliki banyak manfaat diantaranya:
·         Kandungan potasiumnya dapat menggerakan dinding pembuluh darah sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil, sehingga kita akan terhindar dari penyakit darah tinggi serta penyakit jantung.
·         Kandungan  yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan kerja otak besar.
·         Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
·         Kandungan tyrosine dalam susu dapat membuat seseorang  merasa gembira dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.
·         Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang dan mencegah patah tulang.
·         Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem ssaraf tahan terhadap kelelahan.
·         Kandungan seng pada susu sapi dapat mempercepat penyembuhan luka.
·         Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
·         Susu dapat menetralkan racun dari bahan makanan yang diserap oleh tubuh.
Demikianlah beberapa fakta menarik mengenai susu yang dapat penulis bahas. Setelah membaca fakta-fakta tersebut masihkah kita berpikir dua kali untuk membiasakan minum susu setiap hari? Terbukti banyak manfaat dibalik susu sapi. Dengan meminum susu kita sudah memilki andil yang besar terhadap peningkatan tingkat konsumsi susu di Indonesia, karena konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah. Untuk itu mari kita biasakan minum susu setiap hari untuk memenuhi nutrisi di dalam tubuh dan meningkatkan tingkat konsumsi susu di Indonesia.
                                    Oleh    : Ida Fitri Rahmawati ASP Batch 2




Tidak ada komentar:

Posting Komentar